Selasa, 17 Juli 2018

Kota Wisata Batu



Hayhay 

Selamat Pagi guys….

Pada blogku kali ini akan memberikan sedikit info tentang tentang kota kelahiranku yang sekarang juga menjadi kota tempat tinggaku. Kota Wisata Batu merupakan sebuah kota yang berada di wilayah Jawa Timur yang berada di Utara kota Malang. Pasti kalian sudah pernah tahu tentang kotaku ini. Bagi kalian yang masih asing dengan dengan Kota Wisata Batu maka akan aku beri sebuah gambaran tentang kotaku ini. Okay check it out


Kota Wisata Batu 




Kota wisata batu yang terkenal akan buah apelnya ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Tidak hanya masyarakat sekitar Batu dan Malang saja yang tahu ,tetapi juga wisatawan dari beberapa kota yang berbeda provinsi maupun berbeda pulau yang tahu. Adapun beberapa tempat wisata  alam yang terkenal di Batu yaitu:
  •         Bukit bulu dan flower garden


Bukit Bulu terletak di area Coban Rais, tepatnya di atas bukit Coban Rais. dengan ketinggian yang mencapai 1000 mdpl, pemandangan di Bukit Bulu ini begitu indah, hijau dan menyejukkan mata. Bukit Bulu menyuguhkan spot selfie berbentuk tulisan I Love You di atas coban Rais. Selain itu ada juga spot selfie lain berupa ayunan di atas bukit. Di sini pengunjung bisa berayun ayun di atas ketinggian yang bisa menantang adrenalin.Selain menyajikan Bukit Bulu, ada juga wisata baru di Malang lainnya yang masih di area Coban rais. Spot ini bernama Batu flower Garden. Ya sesuai namanya, spot keren ini merupakan kebun bunga. Keunikannya adalah Lokasi Batu flower Garden ini berada di bibir bukit. Aneka tanaman bunga ditanam dan bisa menjadi spot selfie keren terutama bagi cewek cewek yang suka bunga.
 
  •  Coban Rondo


 Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.Wisata air terjun Coban Rondo Terletak di Kota Batu Malang Jatim, Tepatnya di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon
Tidak hanya keindahan pemandangan saja yang ditawarkan oleh wisata ini, namun permainan permainan seru sekaligus menantang juga bisa didapatkan di sana. Wahana permainan yang tersedia di area Air Terjun Coban Rondo antara lain:
  1. Fun Tubbing
  2. Paint Ball
  3. Satwa dan Kebun

  • Wisata Paralayang



Wisata Paralayang atau Paragliding adalah satu dari sekian obyek wisata terpopuler di Kota Batu. Tempat dimana semua orang merasa senang melihat keindahan lanskap Kota Wisata Batu dari atas ketinggian. Entah bagaimanapun cara mereka menikmatinya, melayang bersama parasut dengan menunjukkan keberanian mencoba olahraga menantang ini atau hanya sekedar berjalan-jalan penuh ketakjuban pada panorama alam. Wisata Paralayang Kota Batu terletak di Puncak Gunung Banyak yang cukup dekat dengan pusat kota. Tempat wisata ini semakin populer terutama sejak diselenggarakannya Batu Open Paragliding ditahun 2011 yang lalu. Ajang terjun payung yang diikuti banyak atlet dari dalam dan luar negeri tersebut semakin memperkuat Kota Batu sebagai pelopor paralayang di tingkat provinsi Jawa Timur maupun di Indonesia. Dengan diadakan acara tersebut, Wisata Paralayang Gunung Banyak semakin terkenal baik dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.



Adapun wahana rekreasi yang cukup terkenal di kota Batu yaitu meliputi:


  •   Jawa Timur Park 1


Salah satu tempat wisata di Batu, Malang yang merupakan kawasan wisata terpadu di lereng Gunung Panderman, sekitar 20 km dari kota Malang. Ada Jatim Park 1 dan ada juga Jatim Park 2. Jatim Park 1 berada di Jalan. Kartika No 2, Batu. Jatim Park 1 ini memadukan konsep rekreasi sekaligus edukasi. Jatim Park 1 memiliki 36 wahana, di antaranya adalah Volcano Coaster, Pendulum, Air Borne Shot, dan Sky Swinger. Di Jatim Park 1 juga terdapat waterbom, Galeri Nusantara yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, bioskop 3D. Untuk science centre, ada chemical and biology science centre, outdoor science centre, dan learning gallery. Jatim Park 1 ini dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas, seperti outlet makanan & minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Tersedia juga mushola, klinik, nursery room, toilet, dan tempat parkir.


  •   Jawa Timur Park 2



Jatim Park 2 berada di Desa Oro-oro Ombo, Batu, Jawa Timur. Lokasi Jatim Park 2 ini berdekatan dengan Jatim Park 1. Jatim Park 2 berkonsep belajar ilmu alam, biologi, dan pembelajaran satwa. Di dalam area Jatim Park 2 yang  terdapat kebun binatang Batu Secret Zoo, penginapan Pohon Inn yang unik, dan museum satwa yang bangunannya menyerupai Istana Negara. Di Jatim Park 2 ini juga terdapat sekitar 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak. Terdapat juga insektarium yang berisi 5000 jenis serangga dari berbagai negara. Di dalam museumnya pun, Anda dapat menjumpai 80 diorama satwa dari berbagai Negara.


  •    Museum Angkut


Museum Angkut berada di Jalan  Terusan Sultan Agung Atas No 2, Batu, Malang. Museum Angkut dibuka pertama kali pada 9 Maret 2014 ini merupakan tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung konsep transportasi. Di dalam museum ini,terdapat berbagai koleksi moda transportasi, mulai dari yang ditarik hewan sampai dengan transportasi yang menggunakan tenaga listrik. Museum ini dibagi menjadi beberapa zona, yaitu  zona edukasi, zona Sunda Kelapa dan Batavia, zona Jepang, zona Uni Eropa, zona Hollywood, dan Zona Gangster & Broadway. 



Batu juga memiliki buah khas yaitu buah Apel. Buah yang terkenal akan banyak kandungan airnya ini memiliki beberapa jenis yaitu

  • Apel Manalagi. Apel manalagi ini mempunyai rasa paling manis dan dan daging buahnya sedikit keras. Warnanya hijau kekuningan. 
  • Apel Rome Beauty. Apel rome beauty ini memiliki warna hijau bercampur kemerahan. muncul warna merah karena terpapar sinar matahari. Rasa apel ini segar dan agak asam.
  • Apel Green Smith. Apel green smith ini yang sering dan cocok dibuat jus buah apel. Seperti namanya apel ini warnanya hijau dan banyak kandungan airnya dan rasanya agak asam.
  • Apel Anna. Apel anna ini daging buahnya lunak atau masir dan rasanya asam bercampur manis.
  • Apel Wanglin. Apel wanglin ini hasil perkawinan antara apel manalagi dengan buah pear. Warna buahnya seperti apel green smith tapi ada bintik bintik hitam dan rasanya segar dan manis seperti buah pear.
Itulah sedikit gambaran dari kotaku, mungkin saja bisa menjadi tempat wisata saat kalian berakhir pekan 
See you next time......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar