Selasa, 17 Juli 2018

Psikologi UMM


Assalamualaikum Wr.Wb

Huy Guys... Jangan lupa dijawab ya salamku....
Untuk kali ini saya akan memberikan sekilas info tentang Fakultas dan juga Prodi jurusan yang saya pilih yaitu Psikologi. Check it out...


A. Sejarah Fakultas Psikologi UMM



Program Studi Psikologi UMM
didirikan pada tahun 1985 sebagai salah satu jurusan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang.  Satu tahun kemudian program studi ini menjadi Fakultas tersendiri dan memperoleh status TERDAFTAR dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada 28 Juli 1986. Pada saat itulah ditetapkannya tanggal berdiri Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Fakultas Psikologi  hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu program studi Psikologi. Sehubungan dengan ketentuan ini, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Program Studi Psikologi dengan peminatan :
1.     Psikologi Industri dan Organisasi yaitu  ilmu yang mempelajari tingkah laku yang muncul dalam dunia industri dan organisasi.
2.     Psikologi Pendidikan yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam situasi pendidikan.
3.     Psikologi Perkembangan yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku yang  terdapat pada    tiap-tiap tahap perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupannya.
4.     Psikologi Sosial yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan  dengan masyarakat sekitarnya.
5.     Psikologi Klinis yaitu ilmu  yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal, dilihat dari aspek psikisnya.
6.     Psikodiagnostik yaitu ilmu  yang mempelajari mengenai kepribadian seseorang melalui           

B. Keunggulan Jurusan Psikologi UMM

 1.    Pembelajaran Kurikulum Fakultas Psikologi UMM tidak hanya menguasai teori namun juga menerapkan atau mengaplikasikan.
2.   UMM menyediakan laboratorium yang khusus untuk jurusan Psikologi yaitu  Lab. Konseling,Lab. Eksperimen,Lab. Psikodiagnostik,Lab. Wawancara dan Observasi.
3.   Fakultas Psikologi UMM juga memiliki unit-unit seperti BiroKonseling, Pusat Layanan Psikologi dan Pusat Konseling. Dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk terlibat di dalamnya mengembangkan diri mengaplikasikan bidang ilmu sekaligus memberikan pelayanan dan melakukan pengabdian pada masyarakat dalam menyikapi masalah-masalah psikologis yang ada di masyarakat.

Itulah seputar info tentang Jurusan Psikologi di UMM. Semoga bermanfaat untuk teman-teman...

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar