Senin, 16 Juli 2018

Perkembangan Teknologi dan Tips Sukses PATI

1.          PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI 




Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologiatechne yang berarti  keahlian dan logia yang berarti  pengetahuan. Pengertian Teknologi  yaitu sebuah barang yang sengaja dibuat untuk mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupannya. Teknologi itu sendiri berkembang secara bertahap dari masa ke masa. Adapun sejarah singkat perkembangan teknologi manusia


1.          Masa pra sejarah
           Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang digunakan manusia terbagi menjadi 3 tahap, yaitu  zaman batu, zaman perunggu dan zaman besi. Dimana pada masa ini terlihat dengan jelas bagaimana manusia dalam mengolah suber daya alam yang ada, guna mempermudah berbagai aktifitas yang dilakukan sehari-hari.

2.         Teknologi Zaman Kuno
Pada masa ini teknologi yang digunakan lebih memusatkan pada perkembangann kontruksi bangunan, maritim, teknologi di bidang pertanian, dan teknologi di bidang tulis menulis.
3.         Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern

Pada masa ini teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan, hal ini ditandai dengan adanya berbagai penemuan, seperti di bidang astronomi, medis, matematika, militer, mesin cetak, bahkan hingga ilmu kartografi.
4.         Teknologi era Revolusi Industri
Memasuki era revolusi, perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas, dimana berbagai jenis mesin mulai dibuat, seperti mesin tenun, sepeda, mesin uap, dan berbagai hal lainnya. Revolusi industry ini yang kemudian menggantikan berbagai tenaga manusia jadi tenaga mesin. Ini yang menjadi awal berkembannya berbagai teknologi di masa depan.
5.          Teknologi di abad 20
Teknologi yang pada abad ke-20 dimulai dari perang dunia ke-2. Ada banyak sekali perkembangan yang terjadi pada masa ini, mulai dari adanya kemajuan dalam dunia militer, dengan hadirnya fisika quantum, untuk membuat bom atom. Selain itu, ditemukannya teknologi transistor, yang nantinya menjadi cikal bakal penemuan komputer. Adanya kemajuan dalam bidang antariksa yang ditandai dengan mendaratnya manusia ke bulan untuk pertama kali. Penemuan DNA, untuk ilmu genetika, serta penemuan teknologi informasi yang dimulai dengan ditemukannya telefon genggam.
6.          Teknologi abad 21
Pada masa ini, berbagai teknologi sudah mulai dikembangkan. Mulai dari teknologi yang dibutuhkan untuk rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi informasi, dan hal lainnya.

2.             Inovasi  Dari Kemajuan Teknologi

Teknologi yang semakin berkembang pesat memunculkan berbagai inovasi. Adanya inovasi tersebut dapat bermanfat bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi ini menyentuh berbagai macam sektor meliputi:
1.    Ekonomi
Kemajuan teknologi di bidang ekonomi ini berupa perkembangan sistem keuangan yang digunakan. Jika dahulu orang melakukan bertransaksi secara real atau nyata, atau berhadapan antara pembeli dengan penjual, maka kini beralih menjadi online. Selain itu, sistem keuangan juga jadi berubah menjadi e-money.
2.    Pangan
Sistem pertanian yang ada saat ini tentunya berbeda dengan sistem pertanian pada zaman dahulu, mulai dari bibir, sistem tanam, serta teknik menanamnya. 
3.    Informasi
Kemajuan informasi ini ditandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan informasi dengan menggunakan berbagai perangkat yang ada.
4.    Komunikasi
Kemajuan komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang cukup jauh.
5.    Transportasi
Salah satu kemajuan dalam bidang transportasi ini adalah adanya berbagai macam alat transportasi modern, yang mempermudah seseorang untuk mengangkut barang atau bepergian dari 1 temat ke tempat lain dengan mudah.
6.    Medis
Salah satu kemajuan dalam dunia medis ini adalah ditemukannya berbagai macam vaksin guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.
7.       Pendidikan
Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, dll.
3.            Tips dan Trik Sukses PATI

PATI  merupakan singkatan dari Pelatihan Aplikasi Teknologi dan  Informasi. PATI adalah salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru di UMM. PATI sendiri memberikan manfaat bagi mahasiswa baru untuk mengenal hal-hal yang berkaitan dengan teknologi yang dapat berguna saat kuliah nantinya. Adapun beberapa tugas dan evaluasi yang harus dikerjakan guna mendapatkan sertifikat. Sertifikat itu sendiri merupakan syarat ketentuan saat akan skripsi. Berikut tips dan trik sukses mengikuti PATI.
1.       Usahakan datang tepat waktu agar tidak ketinggalan materi
2.       Catatlah point point penting
3.       Berkelakuan Baik saat mengikuti Pati
4.       Pahami materi yang telah diberikan
5.       Mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan semaksimal mungkin
6.       Gunakan waktu sebaik-baiknya
7.       Yang paling penting jangan malu bertanya jika materi yang disampaikan masih belum paham
Itulah beberapa ulasan tentang perkembangan teknologi dan juga tips dan trik sukses saat mengikuti PATI. Semoga bermanfaat….
Wassalamualikum Wr.Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar